Cara menjaga pola makan untuk untuk kalian yang sibuk kuliah


Dikala aktifitas yang sangat padat dimulai dari tugas yang banyak, aktifitas di luar perkuliahan, kerja kelompok dan masih banyak lagi membuat para mahasiswa tidak dapat menjaga pola makannya dengan baik.

Sedangkan untuk menjalankan semua aktifitas tersebut membutuhkan energi yang besar dan bila tidak memiliki asupan yang cukup akan  jatuh sakit. Namun bagaimana cara membuat pola makan yang baik disaat sibuk seperti ini ? Nah, berikut kami akan memberikan beberapa tips yang mungkin akan sangat membantu kalian untuk tetap sehat walaupun sibuk.


  1. Breakfast

sarapan

Nah… hal terpenting adalah Breakfast. Memang sulit meluangkan waktu untuk sarapan, namun sepanjang hari kalian di tentukan dengan sarapan. Dengan menyempatkan waktu untuk sarapan akan membuat kita lebih produktif selama beraktifitas seharian, mencegang stress  dan lebih fokus. Kalian bisa membuat makanan yang simple untuk sarapan seperti roti, cereal dengan susu atau memesan makanan yang mudah untuk di bawa - bawa sambil kuliah.

  1. Minum air yang cukup

air putih

Tubuh kita membutuhkan sekitar 8 gelas sehari dan kita membutuhkan lebih banyak lagi bila kita banyak melakukan berbagai aktifitas. Kita membutuhkan air untuk memperlancar pencernaan, membuang zat - zat yang tak di perlukan tubuh kita dan membantu tubuh untuk menyerap kandungan makanan kita. Bila kita tak terdehidrasi dengan baik, tubuh kita akan lemas dan menjadi kurang fokus dalam pelajaran. Kita bisa mencegah hal tersebut dengan sesimple membawa botol minum setiap mau berangkat kuliah. so… jangan lupa minum yaa...

  1. Mengatur porsi makanan

nutrisi seimbang

untuk point yang ini memang membutuh kan tekat yang besar. Sangat penting untuk kita menjaga porsi makanan kita karena sesuatu yang berlebihan dan terlalu sedikit  tidak lah baik. Kita harus bisa menanamkan di benak kita untuk “ berhenti saat sudah cukup “. Kita juga harus memastikan makanan kita memiliki kandungan - kandungan yang dibutuhkan tubuh seperti protein, kalsium dan lain - lain. Ada satu trik nih yang mungkin akan membantu. kita bisa menggunakan piring dengan size yang lebih kecil dan membuat kita seakan kita memakan satu piring full.

  1. Snacks time...

snack sehat

Snacks memang teman yang paling tepat untuk menemani kita saat mengerjakan tugas. Snack tak selalu berbau keripik kentang, msg, dll. Tapi kita bisa mengganti cemilan kita dengan yang lebih sehat seperti buah - buahan, kacang - kacangan, protein bar yang juga sama enaknya. Snack sebenarnya sangat penting loh asalkan kita bisa lebih wise dalam memilihnya. Kalian bisa membawanya kedalam container kecil yang travel friendly.

  1. Cheat day

cara agar tidak stress memulai hidup sehat ala saladah

Tak perlu stress dan takut kok untuk memulai hidup sehat. Justru stress akan membuat perjalanan kalian sia - sia karena tak bisa di nikmati. Sebenarnya kalian bisa mengatur cheat day di hari tertentu dimana kalian bisa memakan makanan yang kalian suka. Namun perlu di ingat yaa… tak boleh berlebihan dan choose it wisely.

  1. be creative


Nah... kalian bisa kok untuk membuat makanan kalian menjadi lebih bervariatif dan mecoba menu - menu yang menarik bila sempat. Seperti mencoba berbagai mix smoothies yang cocok juga untuk breakfast atau pun menggantinya dengan dinner bila tak mau ingin makan malam yang lebih berat namun mengenyangkan. Nah.. sekarang sudah banyak aplikasi yang dapat membantu  untuk mengingatkan kita minum air atau lunch yang terkadang kita lupa atau terlewatkan, membuat jadwal menu makanan supaya tidak bosen. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Salad Wrap : Alternatif makanan vegetarian yang cocok untuk kamu yang tidak suka sayur

Mengenal Berbagai Manfaat Timun Jepang, Timun Kyuri

Rendang, Bumbu Tradisional Indonesia yang Mendunia