Hati-hati Ulat pada Sayuran

Kita pansti memakan sayuran untuk tujuan agar dapat hidup sehat, memakan makanan yang bernutrisi dan organik. Tapi pernahkah kamu memakan sayuran yang ada ulatnya?

Jika kamu sering bermain di dapur dan memasak, terutama sayur, kamu pasti tahu kalau sayur perlu dibersihkan dengan sangat baik untuk menghidari tanah atau kotan yang masih tertempel, terutama hewan asing seperti contohnya serangga dan ulat, serta bakteri yang menpel pada sayuran itu sendiri.
mikroorganisme pada sayuran

Tapi bagaimana sih caranya mencuci sayuran yang baik dan benar? Berikut adalah hal-hal menarik yang perlu kamu ketahui tentang bakteri dan mikroorganisme yang ada di sayuran !

  • Cara mencuci sayuran yang baik dan benar
Mencuci dengan air keran saja ternyata tidak cukup. mikroorganisme yang menepel pada sayuran cenderung lebih kuat dan melekat dengan kuat sehingga dibutuhkan bahan yang lebih kuat. Untuk menggantikan cairan kimia, kita dapat mencari alternatif seperti menyampurkan garam, bakin soda, cuka, atau hal-hal lainnya yang dapat membuat mikroorganisme yang melekat copot atau bahkan langsung mati dengan air.

  • Kenapa kita harus menghilangkaan mikroorganisme pada sayuran sebelum mengkonsumsinya?
Pastinya salah satu alasannya karena jorok dan menjijikan. Namun lebih dari itu, mikroorganisme yang ada pada sayuran sangat banyak karena proses yang dilalui sayuran hingga bisa sampai ke tanganmu sangat panjang dan tidaklah higienis. tidak hanya ulat yang terlihat saja, namun ada jutaan bakteri yang dapat membuat mu sakit tertempel pada sayuran. Sistem pencernaan manusia memiliki pertahanan yang kuat dalam memerangi mereka, ketika melewati asam lambung mereka akan mati. Namun, ada kalanya orang-orang dapat mengalami dejala seperti mual, gatal-gatal, ruam, dan lain-lain yang akan memerlukan bantuan medis. Lebih  baik mencegah daripada mengobati, bukan?

  • Kenapa bisa ada ulat di sayuran?
Walau begitu, adanya ulat pada sayuran menandakan sayuran yang kamu beli organik dan segar, karena ulat lebih pandai dalam memilih makanan yang bernutrisi, lho! Jadi, kalau sayuran yang kamu beli ada ulatnya, jangan dibuang, ya! cukup bersihkan saja dengan air garam atau air dengan baking soda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Salad Wrap : Alternatif makanan vegetarian yang cocok untuk kamu yang tidak suka sayur

Mengenal Berbagai Manfaat Timun Jepang, Timun Kyuri

Rendang, Bumbu Tradisional Indonesia yang Mendunia