Pentingnya Asupan Protein untuk Fitness

seberapa penting asupan protein bagi orang yang ingin mencoba fitness dan memperbesar otot tubuhnya


Sangat banyak makanan-makanan yang mengandung high protein. Contohnya, telur, ikan, dada ayam, dan susu. Tapi, sebenarnya apa sih fungsi dari protein itu sendiri?

Protein itu seperti sumber energi yang diperlukan oleh tubuh, jadi jika kita sering merasa kelelahan itu tandanya bisa jadi karena kamu kurang mengkonsumsi protein ya teman-teman. 


Berapa gram protein yang harus dikonsumsi setiap harinya? Jawaban itu tergantung dari tinggi, berat, umur, dan jenis kelamin teman-teman ya. Biasanya laki-laki membutuhkan protein lebih banyak karena lebih tinggi dan lebih berat. Kenapa bisa protein menjadi sebuah elemen penting dalam pembangunan otot? Jawabannya, ibarat protein itu makanan kesukaannya otot, jadi kalau otot gak dikasih makan nanti tidak bisa berkembang dengan baik deh teman-teman. Lantas, bagaimana cara menghitung kebutuhan kalori teman-teman? jadi begini, jawabannya tergantung teman-teman sedang diet atau sedang bulking, jika sedang diet maka kebutuhannya adalah 1,5 sampai 2,8 gram per kilogram berat badan, jika sedang bulking 1,2 sampai 2,2 gram per kilogram berat badan. 
perbandingan kebutuhan protein saat bulk dan cutting

Hal ini dikarenakan saat diet, tubuh mengurangi asupan makanan, jadi otomatis membutuhkan protein lebih banyak untuk menggantikan asupan makanan yang hilang. Sementara saat bulking, kebalikannya saat diet yaitu karena kelebihan asupan makanan maka protein tidak perlu sebanyak saat diet.
Sekedar saran, makan telur untuk memenuhi kebutuhan protein anda, selain harganya murah telur mengandung banyak protein lho teman-teman. Tapi, yang dimakan hanya yang bagian putihnya saja ya! karena bagian itu yang paling kaya protein sedangkan bagian merahnya mengandung sedikit protein dan tinggi lemak. 
Jika kamu tertarik tentang diet sehat, coba buka artikel kami lainnya disini !


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Salad Wrap : Alternatif makanan vegetarian yang cocok untuk kamu yang tidak suka sayur

Mengenal Berbagai Manfaat Timun Jepang, Timun Kyuri

Rendang, Bumbu Tradisional Indonesia yang Mendunia